Minggu, 01 April 2012

ANAK BERMASALAH

A. ANAK BERMASALAH

1. Pengertian Anak Bermasalah
Anak bermasalah adalah anak yang prilakunya atau tindakannya tidak diharapkan oleh guru, orangtua atau masyarakat dan tindakan tersebut cenderung merugikan dirinya dan orang lain.
Namun disini kita sebagai guru kelas anak dikatakan bermasalah jika memilki masalah yang lebih banyak atau lebih mendalam yang menjadikan ia menderita karenanya, untuk itu guru harus menolongnya.

2.. Teknik Membantu Anak Berprilaku Bermasalah
Kita sebagai calon guru untuk membantu anak bermasalah ada upaya yang dilakukan untuk memperoleh lingkungan belajar yang sehat:
a) Memanfaatkan pembelajaran kelas sebagai wahana untuk bimbingan kelompok sehingga setiap anak dapat aktif dalam kelas dan berinteraksi dengan aktif.
b) Memanfaatkan pendekatan-pendekatan kelompok didalam pembelajaran agar tercapai pembelajaran yang dapat menyenangkan bagi siswa.
c) Menaruh kepedulian khusus terhadap faktor-faktor psikologi yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan strategi perkembangan.

B. ANAK BERKESULITAN BELAJAR

1. Pengertian Anak Berkesulitan Belajar
Yakni suatu kondisi tertentu yang menghambat proses belajar seorang anak . Kondisi tertentu itu dapat berkenaan dengan keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan yang dimilikinya dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya.
Anak berkesulitan belajar juga dapat didefinisikan adalah seorang anak mengalami tingkat kegagalan yang tinggi untuk mencapai tujuan belajar. Artinya siswa gagal dalam memenuhi target seperti pencapaian penguasaan materi atau memenuhi batas waktu yang telah ditentukan.

2. Bantuan Pada Anak Berkesulitan belajar
? Menelaah bagian-bagian kesulitan untuk memperoleh pengertian yang benar
mengenai kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Langkah ini dapat dilakukan
guru dengan menganalisis data melalui identifikasi kesulitan belajar siswa
maupun diagnostik kesulitan belajar.
? Berdasarkan hasil analisis, guru menentukan bidang kesulitan yang memerlukan bantuan. Bidang kesulitan yang tidak dapat ditangani atau terlalu sulit ditangani baik oleh guru maupun orangtua dapat bersumber dari kasus-kasus tuna grahita (lemah mental) seperti siswa yang mengalami kesulitan belajar ber IQ jauh di bawah normal, orangtua hendaknya mengirimkan siswa tersebut ke lembaga pendidikan khusus anak-anak tuna grahita (sekolah luar biasa).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar